Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang cara Membuat File PDF di microsoft office dan juga dijelaskan tentang Cara Export dari Excel ke Notepad hal ini sebenarnya berkaitan dengan Cara Export Excel ke PDF menggunakan VBA. Komponen yang diperlukan sama hanya tambahan pdf viewers saja. Pastikan pada PC kamu sudah terinstall PDF Reader seperti Adobe PDF atau Foxit misalnya.. Jika belum kamu bisa install dulu ya..
Setelah PC kamu terinstall PDF Reader kamu bisa buka Excel kamu lalu buka jendela VBA dengan Alt+F11 atau yang menggunakan Laptop dengan fitur fn bisa tekan fn+Alt+F11. Lalu insert 1 Modul dan masukkna kode berikut
Sub BuatFolder()
Dim Path As String
Dim Folder As String
Dim Answer As VbMsgBoxResult
Path = ThisWorkbook.Path & "\Nama Folder"
Folder = Dir(Path, vbDirectory)
If Folder = vbNullString Then
VBA.FileSystem.MkDir (Path)
Else
End If
End sub
Kode diatas digunakan untuk membuat folder sebagai media hasil export PDF, pada "\Nama Folder" bisa kamu ganti sesuka kamu tapi harus sama dengan Path di kode ExportPDF. Setelah itu kamu masukkan kode berikut
Sub ExportPDF()
On Error Resume Next
Dim szPath As String
Dim szName As String
Sheets(Array("Sheet1")).Select
szName = "Nama File PDF"
szPath = ThisWorkbook.Path & "\Folder PDF"
ChDir szPath
ActiveSheet.ExportAsFixedFormat Type:=xlTypePDF, Filename:= _
szPath & "\" & szName & ".pdf", Quality:=xlQualityStandard, _
IncludeDocProperties:=True, IgnorePrintAreas:=False, OpenAfterPublish:= _
False
Shell "explorer.exe """ & szPath & """", vbNormalFocus
End Sub
Lalu kamu simpan dan coba jalankan
